Senin, 10 Oktober 2016

Contoh RPP Berdasarkan Format Pada Lampiran Permendikbud No. 22 Tahun 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan              : Sekolah Dasar
Tema/Subtema                    : Tokoh dan Penemuan /
Penemu yang Mengubah Dunia
Pembelajaran                       : 1 (Satu)
Kelas/Semester                   : VI / I (Satu)
Materi Pokok                      : Bahasa Indonesia (Teks Eksplanasi Ilmiah)
                                            Matematika (Poligon)
IPS (Tokoh Nikola Tesla)
IPA (Listrik)
Alokasi Waktu                    : 6 x 35 menit (1 hari)


I.                   Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

II.                Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

3.2.1 Menjelaskan ciri-ciri teks eksplanasi ilmiah tentang hantaran energi listrik.







4.2.1 Menyajikan teks eksplanasi ilmiah tentang proses transmisi dan distribusi listrik.
Matematika
3.7 Memilahkan poligon oleh garis simetri dan dengan simetri rotasi.

4.3 Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya.

3.7.1 Membedakan poligon dan bukan poligon.

4.3.1 Menggambar bangun datar gabungan sederhana.
IPS
3.1 Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang,waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.

4.1 Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita, tulisan atau media lainnya.

3.1.1 Menjelaskan penemuan Nikola Tesla yang dapat mengubah dunia menjadi lebih baik.





4.1.1 Memprediksi hal yang akan terjadi kepada dunia jika tidak ditemukannya listrik.

IPA
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.

4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

3.1.1 Menjelaskan manfaat listrik.





4.3.1 Menulis laporan tentang proses transmisi dan distribusi listrik.

III.             Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui kegiatan pengamatan alat-alat listrik di sekitar, siswa dapat menjelaskan paling sedikit 2 ciri-ciri teks eksplanasi ilmiah tentang hantaran energi listrik dengan benar.
2.     Dengan melakukan kegiatan menulis informasi teks eksplanasi, siswa dapat menyajikan teks eksplanasi ilmiah tentang proses transmisi dan distribusi listrik dengan benar.
3.  Melalui pengamatan gambar proses transmisi dan distribusi listrik, siswa dapat membedakan poligon dan bukan poligon dengan tepat.
4.    Dengan menganalisis gambar poligon pada sistem transmisi, siswa dapat menggambar bangun datar gabungan sederhana dengan benar.
5.      Melalui kegiatan membaca teks tokoh, siswa dapat menjelaskan penemuan Nikola Tesla yang dapat mengubah dunia menjadi lebih baik dengan benar.
6.         Melalui media video aliran listrik di bumi, siswa dapat memprediksi hal yang akan terjadi kepada dunia jika tidak ditemukannya listrik dengan benar.
7.   Melalui media video listrik, siswa dapat menjelaskan paling sedikit 2 manfaat listrik dengan benar.
8.   Dengan menganalisis gambar dan video proses transmisi listrik, siswa dapat menulis laporan tentang proses transmisi dan distribusi listrik dengan benar.

IV.             Materi Pembelajaran
1.      Teks eksplanasi ilmiah (Buku Siswa Hal. 6-8)
2.      Poligon (Buku Siswa Hal. 9-13)
3.      Tokoh Nikola Tesla (Buku Siswa Hal. 3-5)
4.      Listrik (Buku Siswa Hal. 1-3)

V.                Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajarans
Pendekatan                  : Saintifik
Model                          : Think Pair and Share (TPS)
Metode                        : pengamatan, penugasan, diskusi .

VI.             Media Pembelajaran
1.         Media
a.       Media Grafis Ms. Powerpoint
b.      Contoh teks eksplanasi
c.       Poster Nikola Tesla
d.      Teks Bacaan “Nikola Tesla”
e.       Gambar alat-alat listrik
f.       Gambar Proses Transmisi Listrik
g.      Video distribusi listrik
h.      Gambar macam-macam poligon
i.        Kertas warna
2.         Alat Peraga
a.       LCD
b.      Laptop
c.       Gunting
d.      Benda-benda listrik (laptop, senter, lampu, dsb.)

VII.          Sumber Belajar
Afriki, dkk. 2015. Tokoh dan Penemuan: Buku Guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Afriki, dkk. 2015. Tokoh dan Penemuan: Buku Siswa/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sulistyanto, Heri dan Edy Wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 6: untuk SD dan MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

VIII.       Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.         Guru dan siswa melakukan salam sebelum memulai kegiatan.
2.         Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
3.         Guru mengecek kehadiran siswa.
4.         Salah satu siswa memimpin doa.
5.         Guru memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari yaitu tentang hal listrik dan poligon. Pertanyaan yang diajukan sebagai berikut:
1.        Mengapa lampu di kelas dapat menyala?
2.        Mengapa manusia memerlukan listrik?
6.         Guru memberi motivasi belajar peserta didik sesuai materi ajar dengan membawa benda listrik seperti senter. Siswa mencoba menyalakan benda-benda tersebut. Siswa lainnya mengamati. Guru memberikan pertanyaan yang mengarah pada kegiatan pembelajaran, yaitu:
1.        Mengapa benda tersebut dapat menyala?
2.        Bagaimana cara menghemat listrik?
3.         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.         Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
5.         Guru menyampaikan jenis penilaian (pengetahuan, sikap, keterampilan) yang akan dilakukan.
20 menit
Inti
Think (Berpikir)

1.        Siswa mengamati gambar rumah Edo yang ada di buku siswa secara individu. Berdasarkan hasil pengamatannya siswa menuliskan manfaat listrik di rumah.
2.        Siswa secara individu menuliskan minimal 4 manfaat listrik yang mereka rasakan saat ini.
3.        Setelah siswa memahami betapa banyak manfaat listrik dalam kehidupan mereka, guru secara klasikal menanyakan kepada siswa siapakah orang yang berperan penemu listrik hingga mengubah dunia. Siswa menjawab pertanyaan guru.
4.        Siswa mengamati gambar tokoh Nikola Tesla yang disediakan oleh guru.
5.        Setiap siswa membuat satu pertanyaan tentang Nikola Tesla. Guru mengarahkan pertanyaan yang dibuat siswa mengarah pada penemuan, cara Nikola Tesla menemukan, kenapa dia ingin menemukan, manfaat dari penemuan. Pertanyaan yang dibuat oleh siswa ditempel di papan tulis di dekat poster Nikola Tesla.
6.        Setiap siswa memprediksi jika tidak ditemukannnya listrik melalui bacaan tentang Nikola Tesla (LKPD 1).

Pair (Berpasangan)

7.        Siswa membentuk kelompok dengan berpasangan. Siswa mendiskusikan sebanyak-banyaknya manfaat listrik bagi Edo. Misalkan ketika ada gambar televisi dengan listrik Edo bisa menonton televisi sehingga ia mendapatkan hiburan dan mendapatkan informasi-informasi baru.
8.        Siswa mendiskusikan jawaban mereka dengan pasangannya tentang prediksi jika tidak ditemukannya listrik. Ada kemungkinan jawaban setiap siswa berbeda, tergantung dari apa yang mereka rasakan.
9.         Siswa mengamati pertanyaan yang telah dibuat oleh temannya tentang Nikola Tesla. Jika jumlah siswa banyak, pertanyaan dapat dikumpulkan dalam 4 kelompok. Supaya ketika melihat pertanyaan tidak terlalu banyak siswa.
10.     Siswa menukarkan jawabannya dengan temannya. Guru memberikan penguatan. Guru menguatkan bahwa setiap hari kita harus bersyukur kepada Tuhan telah diberikan akal sehingga dapat menemukan sesuatu. Bagaimana cara bersyukur? Dengan memanfaatkan akal yang telah diberikan dengan  sebaik mungkin. Belajar rajin, kerja keras supaya dapat mengubah dunia.
11.     Siswa tetap duduk dalam kelompok. Siswa menjawab pertanyaan guru: bagaimana listrik bisa sampai ke rumah kita? dengan berdiskusi kelompok. Guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menyampaikan jawabannya. Guru menuliskan jawaban setiap kelompok di papan tulis.
12.     Siswa membaca teks dengan membaca senyap, teks penjelasan yang ada di buku siswa tentang proses transmisi dan distribusi listrik.
13.     Selanjutnya, siswa mendiskusikan dalam kelompoknya mengenai proses transmisi dan distibusi listrik (LKPD 2). Siswa membandingkan jawaban awal mereka dengan informasi yang baru saja dibacanya. Dalam kelompok siswa membuat alur proses transmisi dan distribusi listrik dengan bahasa mereka sendiri.
14.     Dalam kelompoknya, siswa menganalisis ciri-ciri teks eksplanasi ilmiah. Siswa menuliskan jawabannya pada kalender bekas. Setiap kelompok menempel jawabannya di papan tulis. Setiap kelompok searah jarum jam akan membaca jawaban dari kelompok lain. Siswa diizinkan untuk memberikan komentar terhadap jawaban kelompok lain. Guru dan siswa menyimpulkan bersama mengenai teks eksplanasi ilmiah.
15.     Setelah siswa belajar proses transmisi listrik dan mendengarkan narasumber. Siswa menulis laporan tentang proses transmisi dan proses distribusi tersebut dalam bentuk teks eksplanasi, dengan memperhatikan kriteria yang diberikan.
Laporan ini akan dinilai dengan menggunakan penilaian 2.

Share (Berbagi)

16.     Siswa mempresentasikan jawaban awal dan alur yang dibuat kepada kelompok lain.
Contoh presentasi
Tadinya kami berpikir bahwa listrik sampai ke rumah kita dengan cara....
Ternyata listrik bisa sampai di rumah kita dengan cara ...
Guru memberikan penguatan tentang proses ini. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan.
17.    Kelompok lainnya mencermati presentasi dari kelompok tersebut.
18.     Siswa menukarkan jawabannya dengan temannya dan saling mengkoreksi. Guru memberikan penguatan bahwa mereka harus bersyukur pada Tuhan yang telah menyediakan beragam sumber daya alam yang kemudian bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik. Wujud syukur tersebut tentunya dengan menjaga kebersihan sumber daya alam tersebut, seperti tidak mengotori sungai atau air terjun saat kita berwisata ke tempat-tempat tersebut.

Think (Berpikir)

19.    Secara individu, siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa.
Jelaskan proses transmisi dan distribusi listrik sehingga sampai di rumahmu.
Apa manfaat SUTET?
Proses apa yang terjadi pada bagian pembangkit tenaga listrik?
20.     Siswa mengamati video distribusi listrik yang diberikan oleh guru.
21.    Siswa mengerjakan latihan soal untuk memperkuat pemahaman tentang proses transmisi dan distribusi energi listrik.
22.    Siswa kembali mengamati gambar proses transmisi dan distribusi listrik. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsi dari benda-benda pada proses hantaran energi listrik.

Pair (Berpasangan)

23.     Siswa mengingat kembali bagian-bagian yang telah diidentifikasi pada buku dan video.
24.     Bersama teman sebangku, siswa mendiskusikan proses transimisi dan distribusi listrik berdasarkan informasi dari buku dan media video (LKPD 3).
25.     Siswa menuliskan laporan singkat mengenai fungsi benda-benda pada proses transmisi dan distribussi listrik.

Share (Berbagi)

26.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi yang telah dibuat bersama pasangannya.
27.    Kelompok lain mencermati dan memberikan kritik serta saran yang bermanfaat bagi kelompok lainnya.

Think (Berpikir)

28.    Siswa mengidentifikasi bagian-bagian dari proses hantaran energi listrik tersebut. Siswa kembali mengamati gambar proses transmisi dan distribusi listrik di halaman sebelumnya untuk menemukan bentuk-bentuk yang ditemukan.
29.    Dari gambar tersebut, siswa kemudian menggambar bentuk-bentuk dasar bangun datar dan menuliskan nama bangun datar tersebut dan menyimpulkan bahwa beberapa bentuk yang mereka temukan adalah poligon. Dari gambar tersebut, siswa menggambar bentuk-bentuk dasar bangun datar dan menuliskan nama bangun datar tersebut. Siswa menyimpulkan bahwa beberapa bentuk yang mereka temukan adalah poligon.
30.    Siswa mengklasifikasi bentuk yang mereka temukan pada gambar proses transmisi ke dalam kolom poligon dan bukan poligon. Siswa mendiskusikan hasil jawaban bersama temannya (LKPD 4).
31.    Siswa melakukan pengamatan benda-benda di sekitar mereka dan mengelompokkan pada kolom poligon dan bukan poligon. Guru diharapkan dapat menyiapkan beragam benda berbentuk poligon untuk memperkaya pengetahuan siswa.
32.    Siswa menjawab pertanyaan bacaan tentang manfaat poligon dalam kehidupan sehari-hari.
Pair (Berpasangan)
33.     Siswa mendiskusikan jawaban pertanyaan dari bacaan tentang manfaat poligon.
34.     Bersama teman sebangku, siswa mendiskusikan dan mencocokkan jawaban dari lembar kerja.
35.     Siswa mendiskusikan hasil jawaban dengan teman dan guru.

Share (berbagi)

36.    Setelah siswa mengamati benda-benda di sekitar, siswa dan guru mendiskusikan jawaban pertanyaan yang ada di buku siswa, guru memberikan penguatan tentang poligon dan manfaat poligon. Siswa membaca bacaan tentang sarang lebah juga terdiri dari poligon untuk menambah pemahaman mereka. Siswa menganalisa ciri-ciri poligon dan menuliskannya dalam bentuk diagram frayer.
37.    Siswa menjawab pertanyaan yang ada di kolom renungan. Guru membimbing pemahaman siswa untuk dapat menghubungkan pembelajaran hari ini dengan nilai spiritual dan nilai sosial.
160 menit
Penutup
1.        Guru memberikan refleksi kepada siswa.
2.        Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.
3.        Siswa mengerjakan evaluasi.
4.        Siswa diberi tindak lanjut.  Guru memberikan remedial dan pengayaan.
5.        Guru menginformasikan pembelajaran berikutnya.
6.        Siswa bersama dengan guru berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
30    menit


IX.             Penilaian Hasil Belajar
1.         Teknik penilaian           : tes dan nontes
2.         Bentuk penilaian           : tes tertulis, pengamatan sikap, unjuk kerja
3.         Instrumen                    : lembar soal (pilihan ganda, uraian), jurnal perkembangan sikap, lembar pengamatan unjuk kerja/keterampilan, rubrik
4.         Pembelajaran remedial dan pengayaan
Remedial                       : bagi siswa yang belum tuntas
Pengayaan                     : bagi siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran

Semarang, ..................... 20 ..

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI


 ............................................                                                   .............................................

NIP                                                                                         NIP

Tidak ada komentar: