Sabtu, 24 Januari 2015

Jika Anda Seorang Guru

Semua manusia memiliki segala kelebihan maupun kekurangannya tersendiri .. dan setiap manusia akan menutupi kekurangannya yang dirasa tidak cukup baik . manusia juga memiliki sifat keperikemanusiaannya . banyak hal yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan dalam kehidupan kemanusiaannya yang bertentangan dengan perikemanusiaan itu sendiri ..

namun jika anda seorang calon guru atau bahkan seorang guru , anda harus berusaha bersikap lebih baik lagi di dalam masyarakat . karena guru adalah sosok yang diteladani , dicontoh , ditiru , disoroti , serta dicitrakan perkataan dan perbuatannya di dalam masyarakat , disebabkan guru adalah pribadi yang dituntut untuk memanusiakan manusia ..

tetapi apa jadinya jika guru sendiri tidak dapat bersikap seperti manusia ? tentu peserta didiknya kelak tak dapat menjadi manusia seutuhnya ..

Jika anda seorang calon guru atau seorang guru anda harus belajar lebih giat , bekerja lebih tekun , dan mengontrol diri lebih baik ..

Jika anda seorang guru , anda harus memiliki sifat yang terpuji dan sikap yang teladan ..

Jika anda seorang guru , anda harus lebih religius karena Tuhan yang memberi roh kebijaksanaan , kepandaian , kesabaran , dan kebaikan hati ..

Jika anda seorang guru , anda tentu harus mengamalkan roh2 tadi ke dalam hidup sehari2 anda . bukan hanya agar dilihat orang bahwa anda pribadi yang religius dan taat beragama .. Tuhan tidak menyukai manusia yang MUNAFIK ..

Jika anda seorang guru , anda harus mampu menjaga kehormatan , kesucian , dan martabat anda agar disegani dan dihormati .. bukan dengan mengotorinya , diam-diam ..

Jika anda seorang guru , anda harus menanamkan etika pada diri anda sendiri , berperilaku sopan dan terhormat pada yang pantas anda hormati sesuai tata krama , bukan hanya pada yang lebih tua tetapi juga yang lebih muda dari anda .. jika anda ingin dihormati dan diperlakukan dengan sepantasnya ..

Jika anda seorang guru , disiplin dan taat aturan adalah cerminan guru yang patut diteladani ..

Jika anda seorang guru , anda tidak perlu berteriak , berbicara keras , membentak agar disegani dan ditakuti . anda hanya perlu menjadi pribadi yang sepantasnya manusia yang beradab bukan biadab ..

Jika anda seorang guru , yang memiliki intelektualitas  , anda tidak perlu merasa tersaingi pada mereka yang lebih dari anda (dalam segala aspek) . anda hanya perlu menjadikannya motivasi dan pemacu kemajuan anda nantinya..

Jika anda seorang guru , anda tentunya harus menjaga kebersihan , kerapian , dan ketentraman lingkungan sekitar anda sebagai tanda hati dan iman anda yang bersih ..

Jika anda seorang guru , anda harus mampu memahami karakter tiap pribadi di sekitar anda . memilah pada siapa saja anda harus serius dan pada siapa saja harus bercanda , dan tentunya bercandaan itu tidak keterlaluan serta pada situasi dan kondisi yang tepat ..

Jika anda seorang guru , cintailah sesamamu di sekitarmu dan berusaha tidak menyakiti perasaan mereka ..

Jika anda seorang guru , anda harus berani . berani berbuat , berani bertanggungjawab , berani menanggung resiko , berani mengatasi dan menghadapi masalah bukan seperti pengecut yang hanya berani di belakang alias lempar batu sembunyi tangan ..

Jika anda seorang guru , yang paling penting ialah menghargai . yaa , memberi harga pada setiap ciptaan Tuhan . anda harus menghargai apapun yang dimiliki setiap pribadi tersebut . menghargai semua yang dilakukan dan diberikan pada anda , bukan materi ataupun hal duniawi namun segala ketulusan hati dan kebaikan nurani ..

dan jika anda tidak dapat melakukan semua itu tidak masalah , toh manusia tidak sempurna karena Tuhan Yang Maha Sempurna namun bagaimana caranya kita menuju kesempurnaan hingga hari akhir nanti ..

karena di atas langit masih ada langit , sehebatnya diri anda masih ada yang lebih lagi .. karena anda tidak selamanya di atas ..

semoga anda-anda semua serta saya dapat menjadi seorang guru yang sepenuhnya diberkati menjadi manusia cendekiawan yang rendah hatinya ..


_Claudia Kartikasari_

Tidak ada komentar: